Rabu, 15 April 2009

WiMAX Forum Frequently Asked Questions (FAQ)


Artikel ini ditulis ulang untuk mempermudah pemahaman tentang teknologi WiMAX secara keseluruhan. Meskipun rekan JAWARA berkecimpung di bidang perkabelan, tidak ada salahnya untuk meng-update pengetahuan kita supaya bisa mengikuti perkembangan teknologi dan juga menghindari citra gaptek atau gagap teknologi.

Apakah “WiMAX” itu?
“WiMAX” adalah akronim Worldwide Interoperability for Microwave Access.

Apakah teknologi WiMAX itu?
WiMAX adalah standar teknologi yang memungkinkan diselenggarakannya akses wireless broadband pada last mile (end user) sebagai alternatif dari kabel dan DSL. WiMAX menyediakan fixed, nomadic, portable dan mobile wireless connectivity tanpa membutuhkan line-of-sight dengan base station. Pada radius sel yang dilayaninya 3 – 10 km sistem yang telah disertifikasi WiMAX Forum Certified™ dapat diharapkan melewatkan kapasitas sampai 40 Mbps per kanal untuk aplikasi akses fixed dan portable. Bandwidth yang tersedia akan cukup untuk mendukung secara simultan ratusan bisnis dengan kapasitas T1 dan ribuan pengguna rumahan dengan kapasitas setara DSL. Aplikasi untuk jaringan mobile diharapkan dapat mencapai kapasitas 15 Mbps dalam radius sel hingga 3 km. Diharapkan pada 2006 teknologi WiMAX sudah akan diadopsi ke dalam PDA notebook dan perangkat mobile gadget lainnya, memungkinkan area urban dan kota untuk menjadi “MetroZones” untuk portable outdoor broadband wireless access.

Apakah WiMAX Forum™?
WiMAX Forum adalah organisasi yang terdiri dari para operator dan perusahaan komponen dan perangkat telekomunikasi yang mempromosikan, memberikan sertifikasi kompatibilitas dan interoperabilitas perangkat broadband wireless access yang mengacu pada standar IEEE 802.16 dan ETSI HiperMAN. WiMAX Forum didirikan untuk membantu menghilangkan penghalang bagi adopsi teknologi dalam skala luas bagi teknologi Broadband Wireless Access (BWA), karena standar saja tidak cukup untuk mendorong adopsi teknologi. Sepanjang perjalanan, Forum bekerjasama erat dengan penyelenggara layanan dan regulator untuk memastikan bahwa WiMAX Forum Certified systems sesuai dengan ekspektasi calon pengguna dan ketentuan Pemerintah.

Apa maksud WiMAX Forum Certified? Apakah berbeda dengan istilah “WiMAX compliant?”
Sebagai organisasi yang secara eksklusif berdedikasi melakukan sertifikasi interoperabilitas produk BWA, WiMAX Forum akan mendefinisikan dan mengelola pengujian performa dan interoperabilitas untuk memastikan setiap produk dan sistem dari vendor yang berbeda akan saling bekerja sama secara transparan. Produk dan sistem yang lulus pengujian akan menerima tanda “WiMAX Forum Certified”.
Vendor yang melakukan klaim bahwa produk mereka adalah “WiMAX-like,” WiMAX-compliant,” dsb., adalah BUKAN WiMAX Forum Certified, yang artinya perangkat tersebut tidak tersertifikasi sebagai perangkat yang akan saling interoperabel dengan perangkat vendor lain. Hanya perangkat yang mendapat sertifikasi WiMAX Forum Certified yang terbukti interoperabel dengan perangkat vendor lain yang juga memiliki sertifikasi yang sama.

Kapan WiMAX Forum mulai melakukan sertifikasi perangkat? Dimana perangkat itu akan diuji?
WiMAX Forum memilih Cetecom Spanyol sebagai laboratorium sertifikasi resmi. Pada Juli 2005, Cetecom akan mulai menguji perangkat produk perusahaan anggota WiMAX Forum untuk memastikan bahwa perangkat tersebut telah memenuhi standar performa dan interoperabilitas dari WiMAX Forum.
Pemilihan Cetecom adalah langkah kritis yang memungkinkan ketersediaan produk yang telah disertifikasi oleh WiMAX Forum Certified secara komersial, Cetecom memiliki afiliasi dengan laboratorium lain di tingkat regional untuk memastikan anggota WiMAX Forum di seluruh dunia dengan mudah mendapatkan akses ke fasilitas pengujian.

Apakah WiMAX Forum masih tetap dalam jalur untuk mencapai tujuan sertifikasi perangkat?
WiMAX Forum telah mencapai momentum signifikan selama lebih dua tahun terakhir, antara lain sejak pertengahan 2004, saat organisasi menetapkan pertengahan 2005 sebagai target peluncuran program WiMAX Forum Certified. Sejak saat itu, profil WiMAX Forum telah diseleksi, standar IEEE 802.16-2004 telah lengkap, pemanufaktur silikon memulai sampling pada produk mereka dan laboratorium pengujian telah dipilih. Persiapan laboratorium pengujian telah mencapai tahap final sebelum peluncuran program sertifikasi. WiMAX Forum percaya diri bahwa pengujian akan dimulai pada Juli 2005, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Forum beberapa bulan yang lalu.

Kapan produk yang telah mendapat sertifikasi WiMAX Forum akan tersedia secara komersial?
Penting untuk diingat bahwa WiMAX Forum tidak memiliki kontrol terhadap kapan suatu produk akan memasuki pasar. Sebagai asosiasi industri, fungsi WiMAX Forum adalah untuk mendorong standarisasi dan sertifikasi − WiMAX Forum tidak mengeluarkan produk maupun membangun jaringan sendiri. Namun berdasarkan informasi dari perusahaan anggota, diharapkan uji coba laboratorium penyelenggara jasa akan dimulai pada kuartal ketiga 2005, diikuti dengan uji coba komersial pada kuartal keempat. WiMAX Forum optimis jaringan komersial pertama akan dapat diselenggarakan pada kuartal pertama 2006.

Kapan WiMAX Forum memperkirakan sistem ini akan meluas di pasaran?
WiMAX bukanlah teknologi baru, namun lebih inovatif dan secara komersial lebih memungkinkan adaptasi dari teknologi yang sudah terbukti untuk digunakan layanan broadband di seluruh dunia saat ini. Faktanya, wireless broadband access systems dari para anggota WiMAX Forum telah diselenggarakan di lebih dari 125 negara. Artinya, anggota perusahaan dalam WiMAX Forum akan menjadi yang pertama membawa solusi standar ke pasaran, memungkinkan layanan broadband lebih cost-effective untuk diselenggarakan dalam skala luas.

Perusahaan apa yang terlibat dalam WiMAX Forum?
Lebih dari 220 perusahaan adalah anggota WiMAX Forum, representasi keseluruhan ekosistem perusahaan yang dibutuhkan untuk membawa produk yang telah mendapat WiMAX Forum Certified ke pasar, termasuk pemanufaktur perangkat, operator, system integrator, pembuat silicon dan komponen dan penyelenggara aplikasi.

Apa manfaat produk yang telah mendapat sertifikasi WiMAX Forum?
Tujuan utama WiMAX Forum adalah untuk mengakselerasi introduksi layanan broadband wireless access services yang cost-effective kepada pasar. Berbasis standard, solusi interoperabel untuk meningkatkan skala ekonomi, hingga akhirnya mendorong harga dan tingkat performa tidak akan bisa dicapai oleh pendekatan proprietary, membuat produk yang disertifikasi oleh WiMAX Forum lebih cost-effective untuk menyelenggarakan layanan broadband services pada skala luas. Didesain untuk layanan carrier-class yang low-cost, bebas lisensi, sistem yang disertifikasi WiMAX Forum akan memberikan layanan berkapasitas tinggi dengan throughput (sampai 75 Mbps pada 20MHz channel) dan akan menyediakan layanan pada area 5 km dalam kondisi mendekati non-line-of-sight. Sistem ini skalabel hingga mencapai ribuan pengguna dan karena mereka akan saling interoperabel, penyelenggara jasa akan dapat membeli peralatan dari lebih satu vendor, sehingga dapat mereduksi resiko keseluruhan sekaligus membentuk pasar yang price-competitive.

Bagaimana produk WiMAX Forum Certified memperoleh manfaat dari pengguna corporate? Pengguna rumahan?
Untuk perusahaan, WiMAX akan menyediakan alternatif akses broadband yang cost-effective. Kebanyakan bisnis tidak tercover oleh layanan kabel, pilihan akses broadband hanya dari operator lokal, sehingga mengakibatkan situasi monopoli. Kemudahan pembangunan sistem yang telah disertifikasi WiMAX Forum akan menghasilkan kewirausahaan dan membawa kompetisi baru kepada pasar dan harga/tarif lebih rendah, karena perusahaan dapat membangun sendiri jaringan internal mereka. Khususnya relevan untuk industri seperti gas, pertambangan, agrikultur, transportasi, konstruksi dan lainnya yang beroperasi di lapangan.
Untuk sebagian pengguna rumahan pada wilayah suburban dan rural (dimana layanan DSL atau cable modem service tidak tersedia), WiMAX dapat memberikan akses broadband yang dibutuhkan. Sebagian sangat dibutuhkan terutama di negara sedang membangun, dimana infrastruktur telekomunikasi tradisional tidak dapat tersedia dalam waktu singkat.

Bagaimana bentuk customer premise equipment (CPE) nantinya dan berapa harganya?
Generasi pertama CPE yang telah mendapat WiMAX Forum Certified diharapkan akan berupa sebuah perangkat outdoor subscriber stations yang harus diinstalasi oleh teknisi, dengan bentuk semacam satellite dish ukuran kecil. Direncanakan akan tersedia pada akhir 2005/awal 2006 dengan harga sekitar $350. Generasi kedua CPE akan berupa sebuah perangkat indoor yang bisa dipasang sendiri oleh pengguna seperti cable modem atau DSL modem dengan harga sekitar $250 dan direncanakan tersedia pada 2006. Generasi ketiga CPE akan terintegrasi dalam laptops atau perangkat portable lain, diperkirakan harganya sekitar $100 dan baru akan tersedia pada 2006-2007.

Apa beda antara IEEE 802.16 dan teknologi WiMAX?
Salah satu obyektif utama WiMAX Forum adalah untuk menciptakan satu standar interoperabilitas dari standar IEEE 802.16 dan ETSI HiperMAN. Ini dihasilkan dari kreasi pada Profil Sistem. Berdasarkan pada apa yang dilihat oleh WiMAX Forum dari rencana perangkat penyelenggara layanan dan vendor, WiMAX Forum memutuskan untuk mendahulukan fokus pada profil modus 256 OFDM PHY dari standar 802.16-2004, yang sudah diratifikasi IEEE pada bulan Juni 2004. Layer fisik ini (PHY) akan dikombinasikan dengan satu single media access controller (MAC), untuk memastikan dasar yang sama bagi implementasi WiMAX.
Compliance dengan standar 802.16 tidak berarti bahwa perangkat tersebut tersertifikasi oleh WiMAX Forum atau berarti belum tentu interoperabel dengan perangkat dari vendor lain. Namun apabila perangkat itu telah mendapat sertifikat WiMAX Forum Certified, maka perangkat itu akan memenuhi standar 802.16 dan interoperabel dengan perangkat dari vendor lain yang juga mendapat WiMAX Forum Certified.

Apa beda “versi” 802.16 – seperti 802.16a, 802.16-2004 dan 802.16e?
Standar IEEE 802.16a fokus pada akses broadband tetap (tidak bergerak). IEEE 802.16-2004 memperkaya standar dengan menyediakan dukungan bagi indoor CPE. Standar IEEE 802.16e direncanakan sebagai pengembangan standar IEEE 802.16-2004 yang sudah disetujui. Penggunaan 802.16e adalah untuk mengisi kemampuan mobilitas pada standar saat ini, yang umumnya masih didesain untuk operasi stasiun tetap (tidak bergerak).

Kapan standar IEEE 802.16 disetujui?
IEEE menyetujui standar awal 802.16 untuk wireless MAN pada frekuensi 10-66 GHz di bulan Desember 2001. Pengembangan standar 802.16a untuk sub-11 GHz disetujui pada bulan January 2003. Standar 802.16-2004 telah diratifikasi oleh IEEE pada bulan Juni 2004. Standar 802.16e sedang dikaji oleh IEEE dan diperkirakan akan disetujui pada pertengahan 2005.

Pada spektrum frekuensi/ band mana WiMAX Forum ditujukan?
WiMAX Forum akan memulai proses sertifikasi awal perangkat pada 3.3 hingga 3.8 GHz dan 5.7 hingga 5.8 GHz band. Kedua profil ini meliputi sistem TDD dan FDD. WiMAX Forum telah membangun profil sistem yang ditujukan pada band bebas lisensi di 5.8 GHz, dan pada band berlisensi di 2.5 serta 3.5 GHz untuk mendapatkan pasar awal. WiMAX Forum juga bekerja dengan penyelenggara layanan dan pemanufaktur perangkat untuk memperluas alokasi frekuensi hingga meliputi semua spektrum frekuensi penting yang telah diidentifikasi oleh sejumlah perusahaan anggota sebagai potensi pasar bagi penyelenggara layanan.

Apakah WiMAX berkompetisi dengan Wi-Fi?
WiMAX dan Wi-Fi akan saling koeksis dan meningkatkan teknologi yang saling komplementer terhadap semua aplikasinya. WiMAX tidak diposisikan sebagai pengganti Wi-Fi. Justru, WiMAX akan komplemen dengan Wi-Fi dengan memperluas jangkauan dan layanan sebagaimana pengguna rasakan dengan Wi-Fi, namun dengan skala geografis yang lebih luas. Teknologi Wi-Fi didesain dan dioptimasi untuk Local Area Networks (LAN), sedangkan WiMAX didesain dan dioptimasi untuk Metropolitan Area Networks (MAN). Pada 2006-2008, diharapkan 802.16 dan 802.11 akan tersedia pada perangkat pengguna mulai laptop hingga PDA, keduanya akan menyediakan koneksi wireless connectivity langsung kepada pengguna di rumah, kantor dan saat bergerak (mobile).

Apakah WiMAX Forum bekerja sama dengan Wi-Fi Alliance?
Anggota WiMAX Forum bekerja dengan kelompok industri lain, termasuk dengan Wi-Fi Alliance, yang memungkinkan interoperabilitas penuh antara berbagai standar wireless hingga termasuk pengengembangan ekosistem wireless yang kohesif.

Apakah WiMAX berkompetisi dengan ETSI HiperMAN?
Standar IEEE 802.16-2004 (256 OFDM PHY) and ETSI HiperMAN menggunakan spesifikasi PHY and MAC yang sama. WiMAX Forum aktif di kedua organisasi standar tersebut untuk memastikan satu standar global Wireless MAN yang akan diadopsi.

Apa perbedaan antara 802.16 dan 802.20?
802.16 dan 802.20 adalah pendekatan teknologi yang berbeda kepada pasar. 802.20, masih dalam tingkat awal pengembangan dan tidak diharapkan selesai dalam dua tahun. 802.20 tidak memiliki dukungan dari industri sebagaimana WiMAX Forum (yang memiliki 150 anggota), isu interoperabilitas masih terus dipertanyakan dan tidak akan memperoleh solusi dalam waktu dekat.

(Diterjemahkan secara bebas dari dokumen FAQ http://www.wimaxforum.org)
Tulisan ini dimuat di SDA Magazine Edisi Juli 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar