Minggu, 25 Januari 2009

Inovasi Broadband Optical Measurement Bandung (BOMB)

BOMB ini bukan sembarang BOMB seperti miliknya para teroris. Tetapi BOMB ini adalah Broadband Optical Measurement Bandung.

BOMB merupakan hasil inovasi dari ANM Datel Bandung. BOMB lahir sebagai pelengkap dari BAMS (Broadband Access Measurement System), karena BAMS tidak bisa mengukur jaringan access yang menggunakan perangkat aktif OAN atau ONU atau kabel kosong. Sehingga jarigan sekunder OAN atau ONU atau alpro idle tidak diketahui kemampuannya atau performansinya dalam melayani broadband.

Dengan menggunakan BOMB maka kabel sekunder OAN yang selama ini diukur secara manual, menggunakan alat ukur Dynatel, Riserbond, Sunrise dan lain-lain, dapat diukur secara multipair (per seratus ssp) dengan berbasis web.

BOMB memanfaatkan alat ukur Tollgrade yang telah disediakan oleh Subdit Access Kantor Pusat dan dilakukan sedikit polesan dengan merekayasa TCP/IP maka Tollgrade mempunyai kemampuan untuk mengukur kabel tembaga dimana saja.

Saat ini untuk persiapan penggelaran triple play di Kandatel Bandung sedang dilakukan pengukuran jarlokat sekunder OAN di 30 STO Kandatel Bandung yang jumlahnya sebanyak 722 OAN.

Inovasi BOMB ini memperoleh penghargaan Best Inovation Triwulan IV tingkat Kandatel Bandung yang penyerahan penghargaannya diserahkan pada tanggal 10 Januari 2009 di Bumi Perkemahan Kiara Payung Kabupaten Sumedang oleh GM Datel Bandung (Bpk. Ir.Beni Sukawanto, MBA).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar